Senin, 27 April 2009

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA SD (IND-SD)

Mengingat pentingnya pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar sebagaimana tersirat dalam Kepmen Nomor 060/U/1993 tentang kurikulum Pendidikan Dasar, maka seharusnyalah pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dibina dengan sebaik-baiknya. Untuk itu guru Sekolah Dasar perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan mengajar bahasa Indonesia sebaik mungkin. Sejak mereka masih dalam pendidikan di PGSD mereka sudah harus dipersiapkan untuk dapat menguasai pengetahuan dan keterampilan mengajarkan bahasa Indonesia. Untuk maksud tersebut diperlukan dosen-dosen bahasa Indonesia yang profesional di PGSD.
Untuk dapat menghasilkan guru bahasa Indonesia SD yang profesional, PGSD membutuhkan dosen-dosen yang kompeten. Untuk tujuan inilah Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar perlu diselenggarakan. Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah ada di Program Pascasarjana adalah untuk mempersiapkan dosen-dosen bahasa Indonesia di S1. Mereka ini dipersiapkan untuk mendidik calon-calon guru bahasa Indonesia untuk SLTP dan SMU.
Pembinaan pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memerlukan pula ahli-ahli pengajaran bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar yang memiliki wawasan ke-SD-an, memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pengajaran bahasa Indonesia khususnya di Sekolah Dasar, sehingga mampu meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, serta mampu memecahkan permasalahan dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Untuk itu perlu diselenggarakan S2 Pendidikan Dasar Bidang Studi Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

VISI

Visi Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SD adalah menjadikan Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SD sebagai penyelenggara pendidikan unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan penerapan ilmu serta teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia SD guna mewujudkan manusia Indonesia yang berbudaya, berdaya kreativitas, dan mandiri.

MISI

Misi Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar pada intinya adalah ikut meningkatkan mutu pendidikan dasar, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Sejalan dengan konsepsi pokok tersebut, misi Program S2 Pendidikan Dasar ini adalah:
1. Menyelenggarakan pendidikan magister bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar dengan memperhatikan aspek pemerataan dan askes masyarakat.
2. Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran penelitian dan perngembangan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan bahasa dan sastra Indonesia SD.
3. Membangun organisasi yang yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, transparansi, dan pencitraan publik agar menjadi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar yang handal dan akuntabel.

TUJUAN PROGRAM

Tujuan umum penyelenggaraan Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar adalah meningkatkan pemerataan dan perluasan akses, kualitas, relevansi, dan daya saing serta membangun tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tujuan umum tersebut dijabarkan ke dalam tujuan khusus sebagai berikut.

1. Pemerataan dan Perluasan Akses
a. Mengembangkan program-program pendidikan akademik.
b. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya tampung.
c. Mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi lain untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
d. Meningkatkan kerja sama dengan pemerintah propinsi, kabupaten, dan kota untuk mengembangkan SDM melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar.
e. Meningkatkan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik melalui beasiswa sesuai dengan peraturan yang berlaku.
f. Mmemperluas kesempatan belajar sepanjang hayat melalui pendidikan magister.
g. Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana pembelajaran.
h. Meningkatkan peran masyarakat dan alumni dalam penyelenggaraan pendidikan di Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar.

2. Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing
a. Mengembangkan baku mutu akademik secara berkelanjutan.
b. Meningkatkan pengawasan dan penjaminan mutu secara terprogram melalui internal quality assurance, evaluasi diri , dan sistem monitoring dan evaluasi.
c. Meningkatkan relevansi Kurikulum Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar dan kualitas pembelajaran.
d. Meningkatkan dan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar.
e. Meningkatkan kreativitas entrepreneurshif dan kepemimpinan mahasiswa.
f. Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan melalui pendidikan gelar dan nongelar di dalam negeri dan di luar negeri.
g. Meningkatkan sarana prasarana untuk memenuhi baku mutu penyelenggaraan pendidikan.
h. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga mitra dan alumni di dalam dan di luar negeri.
i. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pengembangan, kegiatan ilmiah, dan publikasi di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar.
j. Meningkatkan jumlah paten dan hak atas kekayaan intelektuan (HAKI).
k. Meningkatkan peran Program Studi dalam menerapkan ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar untuk meningkatkan daya saing masyarakat pendidik di tingkat SD.
l. Meningkatkan kepercayaan pemeritah kota/kabupaten, propinsi atau lembaga penyelenggaran pendidikan dasar formal dan nonformal.

3. Penguatan Tatakelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik
a. Meningkatkan penataan organisasi kelembagaan Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar di bawah PPs UM.
b. Meningkatkan sistem manajemen sumber daya manusia di Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar.
c. Meningkatkan citra dan layanan publik melalui berbagai media.
d. Meningkatkan sistem manajemen seluruh substansi secara efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

STRUKTUR KURIKULUM

Dalam usaha untuk mewujudkan kemampuan-kemampuan di atas disusun kurikulum dengan rincian mata kuliah dan kegiatan belajar lain beserta bobot satuan kredit semester (sks) dan distribusinya dalam semester perkuliahan yang dapat dilihat pada Kurikulum Program Magister Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia SD.

sumber:

http://pasca.um.ac.id/v1.0/prodi/indsd.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar