Kamis, 12 Maret 2009

Berinvestasi di Bidang Pendidikan

Pendidikan di Indonesia saat ini sudah menjadi sebuah komoditas yang penting paling tidak bagi orang-orang yang hidup di kota-kota besar. Apalagi sekarang ini, tingkat persaingan diantara sekolah cukup besar. Orang tua juga secara serius memikirkan sekolah apa yang bakal dimasuki oleh anak-anaknya.

Hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan bagi Anda-anda yang saat ini sedang bingung untuk mencari kesempatan bisnis guna menginvestasikan uang Anda agar terus berputar. Salah satu yang bisa Anda masuki saat ini adalah kesempatan bisnis dalam bidang pendidikan. Ada beberapa contoh investasi yang bisa Anda ambil sebagai kesempatan dari bidang pendidikan ini.

Contoh investasi pertama adalah tentunya sekolah. Sekolah adalah bentuk investasi yang paling umum dilakukan oleh orang-orang yang ingin mengambil bagian dalam bidang pencerdasan anak bangsa ini. Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, mengapa harus menanam investasi di sekolah??? Bukankah sekarang ini sedang berkembang metode belajar home-schooling?.

Sebenarnya hal ini tidak perlu Anda cemaskan karena sekolah yang dikenal secara umum selama ini masih merupakan pilihan terbanyak orang tua. Bukan hanya pelajaran yang didapat, akan tetapi sosialisasi anak dengan lingkungan menjadikan sekolah menjadi pilihan utama dari banyak orang tua. Pertanyaan selanjutnya adalah sekolah di kota-kota besar kan sudah banyak, dari yang standard nasional sampai yang bertaraf internasional???. Saya tidak menyuruh Anda untuk membuat sebuah gedung sekolah yang megah (apabila Anda dapat melakukannya, silahkan saja), tetapi Anda bisa menjadi investor dari sekolah yang memiliki predikat di masyarakat baik dan berkualitas. Predikat ‘sekolah favorit' masih merupakan jurus ampuh pihak sekolah untuk menarik orang tua dan calon murid untuk mendaftarkan diri ke sekolah tersebut.

Bagi Anda yang hendak menanamkan uang yang banyak untuk bisnis pendidikan ini , mendirikan gedung sekolah bisa menjadi sebuah alternatif pilihan yang tepat untuk Anda. Andalah pemimpin dari sekolah ini dan memberikan arah bagi keberhasilan sekolah ini. Akan tetapi, sebisa mungkin Anda jangan terlalu menggunakan kekuasaan untuk menentukan setiap kebijakan sekolah. Percayakanlah segala sesuatunya kepada pihak manajemen sekolah yang telah Anda pilih sebelumnya.

Contoh investasi kedua adalah dengan membuka lembaga pendidikan informal seperti bimbingan belajar atau lembaga kursus ketrampilan. Investasi di bidang ini sudah banyak dilirik oleh orang-orang yang memiliki modal tidak terlalu banyak. Salah satu keuntungan mendirikan lembaga pendidikan informal selain modal, adalah fleksibilitas tempat. Orang-orang yang memulai bisnis ini pada awalnya adalah para pengajar privat pada waktu mereka kuliah atau yang bergerak di lembaga kursus ketrampilan seperti komputer biasanya adalah mengutak-atik barang-barang kerabat keluarga atau teman-teman.

Fleksibilitas waktu juga merupakan keuntungan bagi yang hendak bergerak di bidang, waktu pertemuan antara pengajar dengan siswa dapat dinegoisasikan, atau di lembaga-lembaga pendidikan informal yang sudah kuat, membuat pilihan waktu yang bisa dipilih oleh para siswa tergantung dengan kesibukannya.

Contoh-contoh investasi yang dijabarkan diatas adalah sedikit contoh dari investasi yang bisa Anda ambil sebagai peluang menjalankan perputaran uang Anda. Ada banyak contoh investasi dalam dunia pendidikan lainnya yang bisa Anda lihat dan coba jalankan sebagai peluang usaha Anda. Tapi, terlebih dari itu semua ada baiknya kita bertanya kepada Tuhan. Berdoalah kepada Tuhan sebelum Anda mulai melakukan segala sesuatu. Milikilah motivasi yang benar yakni demi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Sungguh bila itu telah dijalankan semua, maka perkenanan Tuhan pasti menyertai Anda senantiasa.

sumber:

http://jawaban.com/news/money/detail.php?id_news=090208104711






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar