A. Pendidikan Khusus (PK)
Anak berkebutuhan khusus adalah mereka yang memiliki kebutuhan baik permanent maupun temporer untuk mendapatkan penyesuaian pelayanan pendidikan. Kebutuhan permanen kebanyakan diakibatkan oleh kelainan yang disandang, antara lain:
1. | Tunanetra Adalah mereka yang mengalami gangguan daya penglihatan berupa kebutaan menyeluruh atau sebagian, yang membutuhkan penyesuaian pelayanan pendidikan. (6/6 to 6/18 =Normal, 6/18 to 3/60=Low Vision/Limited vision, 3/60 to 1/60=Very limited vision/socially blind, less than 1/60=practically blind) Field of vision: 10 or less on the best eye, is usually characterized as blindness". |
2. | Tunarungu Adalah mereka yang mengalami kehilangan kemampuan pendengaran menyeluruh atau sebagian, Ada dua kelompok tunarungu yaitu: a) Kurang dengar, yaitu mereka yang kehilangan pendengaran kurang dari 90 dB. b) Tuli, yaitu mereka yang kehilangan pendengaran di atas 90 dB. |
3. | Tunagrahita Adalah mereka yang mengalami hambatan atau keterlambatan dalam perkembangan mental disertai ketidakmampuan untuk belajar dan menyesuaikan diri. C Tunagrahita Ringan (IQ = 50 - 70) C1 Tunagrahita Sedang (IQ = 25 - 50) C2 Tunagrahita Berat (IQ <> |
4. | Tunawicara Adalah mereka yang mengalami gangguan dalam berbicara diakibatkan oleh kelaianan/kerusakan pada organ bicara. |
5. | Tunadaksa Adalah mereka yang memiliki kelainan atau cacat yang menetap pada alat gerak (tulang, otot, sendi, dan pada sisstem saraf pusat) sehingga membutuhkan penyesuaian layanan Pendidikan |
6. | Tunalaras Adalah mereka yang mengalami gangguan emosi dan perilaku sehingga mengalami kesulitan dalam bertingkah laku dan membutuhkan penyesuaian layanan pendidikan. |
7. | Anak berbakat Adalah anak yang memiliki kecerdasan dan kemampuan luar biasa dan atau bakat istimewa, (giffted): potensi kecerdasan istimewa (IQ>125) talented: Potensi bakat istimewa (multiple Intelegensys language, Lagico, Mathematic, Visuo Spatial Bodly, Khineshtetic Intrapersonal, Musical, Natural, Spiritual. |
8. | Tunaganda Adalah mereka yang memiliki dua atau lebih kelainan, sehingga membutuhkan penyesuaian layanan Pendidikan. |
9. | Anak Berkesulitan Belajar Adalah anak yang mengalami berbagai kesulitan dalam melakukan pembelajaran seperti membaca, menulis dan berhitung (Hyperactive, ADD/ADHD, Dyslexia/ baca, Dysphxia/ bicara, Dyspraxia/ motorik). |
10. | Anak Autisme Adalah anak yang mengalami hambatan dalam proses interaksi sosial, komunikasi, perilaku, dan bahasa. |
11. | Anak dengan gangguan Konsentrasi dan Perhatian Adalah anak yang tidak mampu memusatkan perhatian pada objek tertentu |
12. | Lambat Belajar (IQ 70-90) |
13. | Korban Penyalahgunaan Narkoba/HIV/AIDS sumber:http://www.plbjabar.com/?inc=tentang&id=5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar